Home » » KISI KISI SOAL UJIAN INSTRUKTUR

KISI KISI SOAL UJIAN INSTRUKTUR

Written By tuk.pkp.pnf.diy on Jumat, 29 April 2016 | 00.12


KISI KISI SOAL UJIAN




RUANG LINGKUP UJI KOMPETENSI

Dokumen ini untuk memberikan gambaran kepada nara sumber pelatihan agar sesuai dengan materi uji yang akan dilakukan; sehingga materi tidak menyimpang dan tidak meluas. Dokumen ini bukan untuk peserta. Jika diketahui diberikan kepada peserta baik langsung maupun tidak langsung maka uji kompetensi dinyatakan gagal dan tidak sah.


URAIANA KOMPETENSI
JUMLAH SOAL
1.1  Mengidentifikasi perkembangan peserta didik sesuai tingkat usia peserta didik dalam aspek fisik, intelektual, emosional, moral, spiritual dan sosial budaya
1
1.1    Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan peserta didik
1
1.2    Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan nonformal
2
3.1 Mendeskripsikan konsep pengembangan kurikulum dan rencana pelaksanaan pembelajaran
1
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
2
3.3 Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas, di luar kelas dan di laboratorium
1
4.1  Mengidentifikasi teori pembelajaran
1
4.3  Menggunakan model, pendekatan, metode dan teknis pembelajaran yang tepat
4
4.6  Menerapkan berbagai strategi motivasi untuk menciptakan suasana pembelajaran kemandirian dan kreatifitas peserta didik
1
4.7  Menciptakan suasana pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kreatifitas peserta didik
1
5.3  Menerapkan berbagai strategi motivasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif
1
5.4 Menciptakan suasana pembelajaran yang menumbuhkan kemandiiran dan kreatifitas peserta didik
1
6.1  Merancang media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik
1
6.2  Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar secara efektif
1
6.3  Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam pembelajaran
1
6.5  Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan pembelajaran
1
6.7.  Melaksanakan tindakan reflektif dalam pembelajaran
1
7.1  Menerapkan prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar
2
7.2  Menyusun rencana penilaian proses dan hasil belajar
1
7.3  Mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar
2
7.5  Memanfaatkan hasil penilaian untuk program tindak lanjut
1
8.1  Menjelaskan proses pelaksanaan kursus dan pelatihan
1
8.2  Menjelaskan hasil pelaksanaan kursus dan pelatihan
1
13.1 Menunjukkan sikap dan perilaku menerima peserta didik sebagaimana adanya dan berupaya untuk memahami, membantu, dan  mengembangkan potensi peserta didik
1
13.2 Menunjukkan sikap dan perilakuakrab dan dekat dengan pesertadidk dan masyarakat dalampembelajaran, pembimbingan danatau pelatihan
1
13.3 Menunjukkan sikap dan perilakuempati terhadap permasalahan yangdihadapi peserta didik dan masyarakat
1
13.4 Menunjukkan sikap dan perilakusimpati terhadap peserta didik danmasyarakat dalam pembelajaran,pembimbingan dan atau pelatihan
1
14.1 Menunjukkan etos kerja dan
tanggungjawab yang tinggi
1
14.2 Menunjukkan sikap dan perilakupercaya diri dan bangga sebagai instruktur
1
14.4 Mengaktualisasikan diri sebagaiinstruktur
1
15.1 menyatakan diri dengan sikap danperilaku yang menjunjung tinggi danmentaati kode etik profesi instruktur
1
15.4 Melakukan pengembangan dirimelalui refleksi secara berkelanjutan
1
15.6 Menunjukkan perilaku sesuaidengan kode etik profesi instruktur
1
16.1 Menunjukkan sikap dan perilakuterbuka dan obyektif terhadappendapat yang berbeda dari pesertadidik, teman sejawat, danmasyarakat di lingkungan sekitardalam pembelajaran dan pergaulan
1
16.4 Menunjukkan sikap dan perilakuyang tidak diskriminatif terhadappeserta didik, sejawat dan anggotamasyarakat
1
17.4 Menunjukkan solidaritas dan sikapkesejawatan dengan semuainstruktur.
1
17.6 Melakukan komunikasi dengandunia usaha/industri untukmendukung penyelenggaraanpendidikan non formal.
1
19.1 Menunjukkan sikap dan perilakuyang menghargai nilai, norma danadat istiadat masyarakat setempat
1
19.3 Menerapkan kemampuanberpartisipasi dalam berbagaikegiatan masyarakat sekitar
1
20.3 Menggunakan  kemampuanberkomunikasi dengan komunitasprofesi dan luar negeri
1
9.1  Menunjukkan perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
1
9.2  Mengekspresikan perilaku keteladanan dan panutan bagi peserta didik dan masyarakat sekitar
1
10.1 Menunjukkan sikap dan perilaku yang menghargai peserta kursus dan pelatihan tanpa membedakan agama yang dianut, suku, adat istiadat, asal daerah dan jenis kelamin.
2
10.2 Menunjukkan sikap dan perilaku sesuai norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat serta budaya bangsa Indonesia yang beragam.
2
11.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sebagai pribadi yang baik dan konsisten
2
11.2 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sebagai pribadi yang dewasa, arif, bijaksana, berwibawa dan tegas.
1
11.3 Menunjukkan diri sebagai pribadi yang mandiri, terbuka, responsive, dan kooperatif dalam melaksanakan tugas.
3
11.5 Menampilkan diri sebagai pribadi yang berpendirian teguh dan tangguh
1
12.1 Menunjukkan sikap dan perilaku terbuka terhadap pemikiran dan sikap yang berbeda
2
12.2 Menunjukkan sikap dan perilaku toleran terhadap perbedaan dan keragaman suku, agama, ras dan antar golongan
2
12.3 Menunjukkan sikap dan perilaku bijak dalam mengambil dan menerima keputusan
1
Jumlah total soal
65
Share this article :

Posting Komentar

 
Supported by : LPK IMBIA | Copyright © 2014. TUK PKP PNF DIY - All Rights Reserved
Published by Mas Template and Deny
Proudly powered by Blogger