KISI KISI SOAL UJIAN
RUANG LINGKUP UJI
KOMPETENSI
Dokumen ini untuk memberikan gambaran kepada nara sumber pelatihan
agar sesuai dengan materi uji yang akan dilakukan; sehingga materi tidak
menyimpang dan tidak meluas. Dokumen ini bukan untuk peserta. Jika diketahui diberikan
kepada peserta baik langsung maupun tidak langsung maka uji kompetensi
dinyatakan gagal dan tidak sah.
URAIANA KOMPETENSI
|
JUMLAH SOAL
|
1.1 Mengidentifikasi perkembangan peserta didik sesuai tingkat
usia peserta didik dalam aspek fisik, intelektual, emosional, moral,
spiritual dan sosial budaya
|
1
|
1.1 Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan sesuai dengan
tingkat usia dan perkembangan peserta didik
|
1
|
1.2 Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan nonformal
|
2
|
3.1
Mendeskripsikan konsep pengembangan kurikulum dan rencana pelaksanaan
pembelajaran
|
1
|
3.2
Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran
|
2
|
3.3
Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran di
dalam kelas, di luar kelas dan di laboratorium
|
1
|
4.1 Mengidentifikasi teori pembelajaran
|
1
|
4.3 Menggunakan model, pendekatan, metode dan
teknis pembelajaran yang tepat
|
4
|
4.6 Menerapkan berbagai strategi motivasi untuk
menciptakan suasana pembelajaran kemandirian dan kreatifitas peserta didik
|
1
|
4.7 Menciptakan suasana pembelajaran yang
menumbuhkan kemandirian dan kreatifitas peserta didik
|
1
|
5.3 Menerapkan berbagai strategi motivasi untuk
menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif
|
1
|
5.4
Menciptakan suasana pembelajaran yang menumbuhkan kemandiiran dan kreatifitas
peserta didik
|
1
|
6.1 Merancang media pembelajaran yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik
|
1
|
6.2 Menggunakan media pembelajaran dan sumber
belajar secara efektif
|
1
|
6.3 Menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi yang tepat dalam pembelajaran
|
1
|
6.5 Menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan pembelajaran
|
1
|
6.7. Melaksanakan tindakan reflektif dalam
pembelajaran
|
1
|
7.1 Menerapkan prinsip-prinsip penilaian proses
dan hasil belajar
|
2
|
7.2 Menyusun rencana penilaian proses dan hasil
belajar
|
1
|
7.3 Mengembangkan instrumen penilaian proses
dan hasil belajar
|
2
|
7.5 Memanfaatkan hasil penilaian untuk program
tindak lanjut
|
1
|
8.1 Menjelaskan proses pelaksanaan kursus dan
pelatihan
|
1
|
8.2 Menjelaskan hasil pelaksanaan kursus dan
pelatihan
|
1
|
13.1 Menunjukkan sikap dan perilaku menerima peserta didik
sebagaimana adanya dan berupaya untuk memahami, membantu, dan mengembangkan potensi peserta didik
|
1
|
13.2 Menunjukkan sikap dan perilakuakrab dan dekat dengan
pesertadidk dan masyarakat dalampembelajaran, pembimbingan danatau pelatihan
|
1
|
13.3 Menunjukkan sikap dan perilakuempati terhadap
permasalahan yangdihadapi peserta didik dan masyarakat
|
1
|
13.4 Menunjukkan sikap dan perilakusimpati terhadap
peserta didik danmasyarakat dalam pembelajaran,pembimbingan dan atau
pelatihan
|
1
|
14.1 Menunjukkan etos kerja dan
tanggungjawab yang tinggi
|
1
|
14.2 Menunjukkan sikap dan perilakupercaya diri dan bangga
sebagai instruktur
|
1
|
14.4 Mengaktualisasikan diri sebagaiinstruktur
|
1
|
15.1 menyatakan diri dengan sikap danperilaku yang
menjunjung tinggi danmentaati kode etik profesi instruktur
|
1
|
15.4 Melakukan pengembangan dirimelalui refleksi secara
berkelanjutan
|
1
|
15.6 Menunjukkan perilaku sesuaidengan kode etik profesi
instruktur
|
1
|
16.1 Menunjukkan sikap dan perilakuterbuka dan obyektif
terhadappendapat yang berbeda dari pesertadidik, teman sejawat, danmasyarakat
di lingkungan sekitardalam pembelajaran dan pergaulan
|
1
|
16.4 Menunjukkan sikap dan perilakuyang tidak
diskriminatif terhadappeserta didik, sejawat dan anggotamasyarakat
|
1
|
17.4 Menunjukkan solidaritas dan sikapkesejawatan dengan
semuainstruktur.
|
1
|
17.6 Melakukan komunikasi dengandunia usaha/industri
untukmendukung penyelenggaraanpendidikan non formal.
|
1
|
19.1 Menunjukkan sikap dan perilakuyang menghargai nilai,
norma danadat istiadat masyarakat setempat
|
1
|
19.3 Menerapkan kemampuanberpartisipasi dalam
berbagaikegiatan masyarakat sekitar
|
1
|
20.3 Menggunakan kemampuanberkomunikasi
dengan komunitasprofesi dan luar negeri
|
1
|
9.1
Menunjukkan perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
|
1
|
9.2
Mengekspresikan perilaku keteladanan dan panutan bagi peserta didik
dan masyarakat sekitar
|
1
|
10.1 Menunjukkan sikap dan perilaku yang
menghargai peserta kursus dan pelatihan tanpa membedakan agama yang dianut,
suku, adat istiadat, asal daerah dan jenis kelamin.
|
2
|
10.2 Menunjukkan sikap dan perilaku sesuai
norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat
serta budaya bangsa Indonesia yang beragam.
|
2
|
11.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
sebagai pribadi yang baik dan konsisten
|
2
|
11.2 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
sebagai pribadi yang dewasa, arif, bijaksana, berwibawa dan tegas.
|
1
|
11.3 Menunjukkan diri sebagai pribadi yang
mandiri, terbuka, responsive, dan kooperatif dalam melaksanakan tugas.
|
3
|
11.5 Menampilkan diri sebagai pribadi yang
berpendirian teguh dan tangguh
|
1
|
12.1 Menunjukkan sikap dan perilaku terbuka
terhadap pemikiran dan sikap yang berbeda
|
2
|
12.2 Menunjukkan sikap dan perilaku toleran
terhadap perbedaan dan keragaman suku, agama, ras dan antar golongan
|
2
|
12.3 Menunjukkan sikap dan perilaku bijak
dalam mengambil dan menerima keputusan
|
1
|
Jumlah total soal
|
65
|
Posting Komentar